Kamis, 26 Juni 2014

Kepulauan Sangihe

          Salah satu wilayah Indonesia yang ingin sekali saya kunjungi adalah Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Di daerah tapal batas Indonesia. Khususnya Pulau Lipang. Berikut adalah data yang saya peroleh dari berbagai sumber yang membahas mengenai Kep. Sangihe.



          kepulauan Sangihe adalah kepulauan terluar di bagian utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan Filipina. Secara keseluruhan jumlah pulau yang ada di kepulauan ini berjumlah 105 pulau dengan rincian ; 79 pulau yang tidak berpenghuni dan 26 pulau berpenghuni. Sebagian besar pulau tersebut merupakan daerah pesisir yang berbukit di bagian tengahnya.

          Secara geografis wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak antara 2° 4’ 13” – 4° 44’ 22” LU dan 125° 9' 28” - 125° 56' 57” BT dan posisinya terletak di antara Kab. Kep. SITARO dengan Pulau Mindanao (Republik Filipina).

          Ibu kota kabupaten tersebut, yaitu Tahuna, terletak di pulau terbesarnya. Untuk mencapai Tahuna dari ibu kota provinsi (Manado), dapat digunakan dua alternatif moda transportasi yaitu pesawat terbang selama 50 menit atau perjalanan selama 7-8 jam dengan kapal cepat.

          Pulau-pulau hanya dapat diakses melalui jalan laut. Jarak tempuh menuju ke pulau-pulau kecil beragam-- sekitar tiga hingga sepuluh jam perjalanan darat dan laut. Sumber listrik dan sinyal telepon termasuk minim. Listrik hanya menyala pada pukul 18.00-22.00 dan sinyal telepon seluler sulit diakses.

          Masyarakat Kepulauan Sangihe sebagian besar bekerja sebagai nelayan, terutama penduduk di pulau-pulau yang lebih kecil. Di wilayah pulau terbesar, penduduk di sekitar pantai berkebun kelapa untuk diambil kopranya, sedangkan mereka yang di daerah pegunungan memilih untuk berkebun pala dan cengkeh.

          Mayoritas hasil kebun dijual ke Manado, bahkan ada pula yang dijual ke Filipina. Sebagian besar penduduk Kep. Sangihe beragama Kristen, sebagian lagi beragama Islam. Toleransi beragama di wilayah ini sangat baik.

(Dunia~L U C K Y | Selasa, 10 juni 2014, 22:56)

0 comments: