Rabu, 24 September 2014

Rem Kereta Api

Rem Rangkaian. (Train Brake)
rem ini berfungsi apabila lokomotif dan rangkaian gerbong yang berjalan sedang difungsikan (sedang mengerem) dimana seluruh rem yang ada pada lokomotif dan rangkaian gerbong KA bekerja bersamaan dengan pengendalian dari lokomotif oleh operator.

Rem Lokomotif. (Locomotive Brake)
rem ini berfungsi apabila lokomotif (dan rangkaian gerbong) sedang berhenti dan rem yang bekerja (yang mengikat) hanyalah rem yang berada di lokomitif saja tanpa rangkaian gerbong.

Rem Dinamik. (Dinamic Brake)
rem ini bekerja dengan cara menahan (atau memutar "balik" putaran Traksi Motor/TM) sistim kelistrikan pada TM. Biasanya sistim rem dinamic ini dipakai apabila jalan jalan rel KA sedang menurun dengan tajam karena apabila menggunakan rem (yang menggunakan sepatu rem (Rem Blok)) akan mengalai kerusakan yang cukup mengkhawatirikan

Rem Darurat. (Emergency Brake)
rem ini akan difungsikan apabila lokomotif (atau bahkan rangkaian gerbong) mengalami gangguan yang cukup berbahaya bagi keselamatan penumpang pada saat sedang berjalan. secra otomatis dan bersamaan semua rem pada lokomotif dan rangkaian akan mengunci secara tiba-tiba bila diaktifkan

Rem Tangan (Range Brake)
rem ini bekerja secara manual dengan cara diputar dan dihubungkan ke sepatu rem dan roda melalui rantai.

Yang penting juga saat terjadinya kebocoran angin pada sistim rem karena secara otomatis apabila terjadi akan membuat sistim rem bekerja dan mengunci. hebatnya semua sistim rem terdapat sensor apabila ada bagian-bagian yang usil dan mengganggu jika sistim rem bermasalah dengan sangat serius. hanya para tehnisi dan masinis saja yang mengetahui. Ada indikatornya lho dalam cabin lokomotif itu.

From: Semboyan35.com

0 comments: