Kamis, 20 Maret 2014

Wisata Pemandian Sumber Air Panas Cangar

Saya yakin semua orang Malang dan Batu sudah banyak yang tahu mengenai pemandian air panas yang satu ini, namun saya disini menulis Wisata Pemandian Air Panas Cangar ini hanya sekedar share saja, mungkin berguna untuk para backpaker yang ingin berlibur di Malang.

Kenapa dinamakan Pemandian Air Panas Cangar? karena kawasan wisata pemandian ini terletak didusun Cangar, desa Sumber Brantas, kecamatan Bumiaji, kota Batu.

Adapun perjalananya cukup menantang bagi saya, karena harus melalui jalan yang menanjak dan berkelok dengan jarak sekitar 20km dari alun-alun kota Batu, tidak ada angkutan umum sama sekali untuk menuju lokasi pemandian ini, jadi bagi para Backpaker sebaiknya menyewa motor dari Malang atau Batu saja. Untuk sewa motor di daerah Malang dan Batu saya kurang begitu tahu, yang jelas teman saya waktu itu menyewa motor dari daerah sekitar Dieng.

Saya sarankan sebaiknya membawa jas hujan, karena waktu saya berkunjung ke Cangar bersama teman-teman kampus, tiba-tiba hujan deras, padahal waktu itu bukan musim hujan loh, untuk parkir mobil dan motor sangat luas banget dan banyak pilihan tempat parkirnya, tapi tarif parkirnya menurut saya sangat mahal, yaitu Rp.3000 untuk motor dan Rp.4000 untuk mobil. Sedangkan untuk tarif masuk ke Pemandian Cangar sering berubah-ubah, kalau terakhir kali saya kesana (pertengahan tahun 2012) tarifnya sekitar Rp.3000 untuk anak-anak, dan Rp.5500 untuk dewasa, masih kategori murah kok.

Berhubung masih hujan, saya beserta teman-teman kampus saya tidak dapat melan jutkan perjalanan ke dalam wisata pemandian Cangar, karena jarak menuju pemandian cangar dengan tempat pembelian tiket lumayan jauh, curam, licin, dan masih alami, namun akses jalannya sudah dikelola kok, sudah banyak yang diperbaiki dan jalannya sudah berupa anak tangga dari beton, bukan lagi tanah.

Berikut foto-foto narsis kami yang sedang menunggu hujan redah:
Hemm begitu hujan redah, saya beserta rombongan teman-teman kampus bergegas menuju lokasi pemandian, selama diperjalanan kami sempatkan narsis dulu hehe, soalnya pemandangan alam sekitar pemandian bagus banget.
Berikut foto-foto kami menuju Pemandian Air Panas Cangar:

Begitu ngelihat kolam pemandian hawanya pengen nyemplung semua haha, lagi pula enakan berendam daripada cuman nonton, kan hawanya dingin banget.
dan berikut foto-foto kami ketika main air hangat :
Kami juga main-main disungainya loh hehe, berikut fotonya: 

Setelah capek bermain disungai, sebagian dari kami narsis-narsis dulu, tapi ternyata acara mandinya masih kurang, ya nyemplung ke kolam lagi deh hehehe, berikut fotonya:


Bagi temen-temen yang muslim bisa sholat dulu sebelum pulang, ada musholah kecil kok didekat toilet umum, sekian dulu ya, Assalamu'alaikum.

0 comments: