Kamis, 01 Mei 2014

Tanah Lot di Malang

Did you know Malang city have Tanah Lot like in Bali?
Saya kira sudah  banyak warga Jawa Timur yang mengetahui bahwa kota Malang memiliki pantai dengan ombak seperti Pantai Parang tritis dan juga ada Tanah Lotnya. Nama pantai terkenal itu adalah Pantai Balekambang. Lokasi Pantai Balekambang ini di daerah selatan kota Malang, kecamatan Bantur.

Di pantai ini, anda dapat menemukan pulau kecil yang berdiri pura di atasnya, seperti pura di Tanah Lot Bali. Nama pulau tersebut adalah Ismaya. Sosoknya yang menawan telah menjadikannya icon Pantai Balekambang. Terkadang, di Pantai Balekambang dan pura di Pulau Ismaya dipergunakan untuk ritual agama Hindu dan Buda, Misalnya pada hari raya Nyepi, Jalanidhi Puja, dan Suran/tahun baru Jawa.

Pantai yang membentang sepanjang 2 km dengan lebar kurang lebih 200 M kearah laut, membuat pantai ini landai dan dipenuhi dengan beragam karang laut dan hewan laut. Banyak sekali orang yang mencari keong di pantai ini untuk oleh-oleh dibawa pulang.

Jarak yang harus ditempuh untuk menuju Pantai Balekambang adalah 63 km, atau sekitar 2 jam perjalanan.

Fasilitas di Pantai Balekambang cukup memadai, Mulai dari tempat camping ground, bumi perkemahan, rumah makan, bungalow, parkir yang luas, kantor informasi, kios cinderamata, musholah, MCK, dan pendopo.

Perlu diingat, di pantai ini sangat dilarang untuk mandi di laut, karena ombak laut Pantai Balekambang sangat ganas.

Pulau Ismaya
Gambar di atas kebetulan ombaknya hanya sampai di balik pulau Ismaya, kalau musim-musim tertentu malah airnya hampir setinggi jembatan.

1 comments:

Anonim mengatakan...

jarjit iki