Rabu, 20 Agustus 2014

Kuliner Lawar Bali

          Ada yang tau apa itu Lawar? Lawar adalah nama makanan, berupa campuran sayur-sayuran dan daging cincang yang dibumbui, dan makanan ini berasal dari Bali. Menurut saya, Lawar itu sama seperti makanan jawa yang bernama Trancaman. Bedanya hanya kalau Lawar selalu memakai daging bahkan darah, sedangkan Trancaman sama sekali tidak menggunakan daging atau darah.

          Lawar biasanya disajikan dalam acra makan keluarga/rumah tangga. Ada juga yang dijual secara luas di rumah-rumah makan dengan sebutan menu Lawar Bali. Tapi ingat, kalau mau membeli Lawar sebaiknya tanyakan dulu bahan-bahannya. Lawar sendiri tidak dapat bertahan lama, makanan ini jika didiamkan di udara terbuka hanya bertahan setengah hari.

          Penamaannya bervariasi, biasanya berdasarkan jenis daging yang digunakan atau jenis sayurannya. Bila yang digunakan daging babi maka lawar yang dihasilkan disebut lawar babi., demikian juga bila yang digunakan sayur nangka, maka lawarnya diberi nama lawar nangka. Ada juga pemberian namanya berdasarkan warna lawarnya yaitu lawar merah bila warna lawarnya merah, lawar putih bila warna lawarnya putih dan ada lawar yang bernama lawar padamare, yaitu sejenis lawar yang dibuat dari campuran beberapa jenis lawar. Lawar disajikan sebagai teman nasi bersama jenis lauk-pauk lainnya.

Berikut ini adalah beberapa contoh penampakanya :)

0 comments: